Pelabuhan Teluk Bayur

Wisata Padang

Padang – Sebagai pelabuhan laut yang terletak di pantai Barat Pulau Sumatera, Teluk Bayur memegang peranan sangat penting dalam menunjang perekonomian, khususnya di kawasan Indonesia bagian Barat.
Pelabuhan yang awalnya dikenal dengan nama “Emma Haven” itu merupakan salah satu peninggalan Belanda yang pembangunan fisiknya dilakukan pada akhir abad XIX tepatnya tahun 1888-1893 yang dipercayakan kepada Ir. J.P Yzerman.
Letak geografisnya yang berkedudukan pada 01-00-94 S, 100-21-00 T yang ditunjang cuaca sekeliling katulistiwa dengan angin beraturan membuat Teluk Bayur memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki pelabuhan lainnya. Keindahan Teluk Bayur telah diabadikan dalam sebuah lagu kenangan yang dipopulerkan Erni Johan.
Dari sisi ekonomi, Teluk Bayur juga memiliki peran sebagai salah satu pintu gerbang perekonomian Indonesia bagian Barat serta tercatat sebagai satu-satunya pelabuhan laut yang teramai dan terbesar di pantai Barat Pulau Sumatera.

Lokasi wisata di tempat ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah pada pagi atau siang hari, dan memperlihatkan panorama khas matahari tenggelam pada senja hari. Pada siang hari kita akan tersihir dengan keindahan birunya lautan yang dihiasi taburan anekan kapal yang hilir mudik di perairan. Langit cerah dan angin laut yang sepoi-sepoi adalah kombinasi yang sesuai bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar pelabuhan sambil melihat-lihat pemukiman masyarakat nelayan. Sedangkan pada sore hari, sinar matahari yang merah keemasan menjelang tenggelam ditambah kerlap-kerlip lampu kapal besar dan kecil yang berlayar di sekitar Pelabuhan Teluk Bayur akan mempertontonkan pemandangan indah dan suasana romantis sehingga cocok dinikmati bersama pasangan atau keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s