Dendeng Batokok

dendeng

Kota Bukittinggi sebagai kota yang pernah menjadi tempat pemerintahan darurat republik indonesia terletak di provinsi Sumatera Barat, indonesia, menyimpan berbagai macam kuliner yang sangat enak untuk dinikmati. Salah satunya adalah kuliner Dendeng Batokok yang sangat gurih dan nikmat.

Sejarah masakan Khas Bukittinggi itu berawal dari nama tokok yang berarti pukul dalam bahasa minang-nya, dimana cara memasak makanan dendeng batokok adalah dengan dipukul-pukul hingga bahan tersebut menjadi halus. Sehingga banyak masyarakat bukittinggi memanggilnya dengan sebutan Batokok ditambah dengan dendeng yang berbahan daging sapi.

Untuk proses pembuatannya, daging sapi yang telah di iris menjadi tipis-tipis sekitar 1-2 cm kemudian dipukul-pukul dengan menggunakan alat yang disebut cobek, hal tersebut dilakukan agar daging sapi tersebut menjadi lembut dan tidak kenyal. Selanjutnya daging tersebut dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu dapur, seperti; cabai hijau, cabai merah, kunyit, santan dan garam.

Pemilihan daging sapi yang baik untuk masakan dendeng batokok adalah pada bagian paha atas atau bagian dekat ekor, karena dapat memberikan citarasa yang nikmat dan tidak terlalu keras.

Sebenarnya kuliner dendeng batokok khas bukittinggi ini sekilas seperti perpaduan antara daging sapi yang sangat gurih dengan saos balado yang sangat pedas, sehingga akan sangat nikmat memakannya di siang hari. Jika anda berada di daerah bukittinggi dan sekitarnya, sempatkanlah untuk menikmati kuliner dendeng batokok dengan rasanya yang khas dan lezat sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s