Sala Lauak

img_0891
Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas tradisional masing-masing yang akan menjadi kekayaan kuliner nusantara. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan Sala Lauak yang mungkin bagi sebagian dari kita masih terdengar asing karena belum pernah menemuinya, bahkan mungkin juga belum pernah mendengar namanya. Makanan ini adalah kuliner khas kota Pariaman Sumatera Barat yang berupa gorengan yang terbuat dari adonan tepung dan ikan asin sehingga rasanya sangat lezat dan juga gurih.

Jika dilihat dari namanya ternyata Sala merupakan bahasa Minang yang diartikan adalah goreng, sedangkan Lauak adalah ikan. Namun dalam hal ini bukan berarti jika Sala Lauak adalah ikan goreng yang seperti kita lihat pada umumnya, akan tetapi berupa adonan tepung dan ikan asin yang kemudian dibentuk bulat-bulat kira-kira sebesar bola ping-pong kemudian digoreng.

Kue Sala Lauak selain bisa ditemukan di kota Pariaman juga bisa ditemukan di kota Padang, namun sayangnya camilan gorengan seperti sangat sulit untuk bisa ditemukan didaerah lainnya. Oleh karena itu bagi anda yang sedang berkunjung ke kota Pariaman atau Padang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas tersebut atau juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga anda.

Namun apabila anda belum mempunyai waktu untuk berlibur, dan sangat penasaran dengan gorengan yang terbuat dari ikan asin khas Pariaman ini, yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat camilan seperti ini, akan tetapi tetap membutuhkan ketelatenan. Apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuat camilan gorengan yang bernama Sala Lauak ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s